Teori Sistem Informasi

Teori Sistem Informasi
            Informasi merupakan hasil pemrosesan data (fakta) menjadi sesuatu yang bermakna dan bernilai untuk pengambilan keputusan. Informasi tidak dapat dilepas dari aspek kehidupan manusia. Siap, kapan, dan dimanapun seseorang akan membutuhkan informasi. Sistem informasi merupakan system yang berisi SPD (Sistem pengolahan data) yang dilengkapi dengan kanal-kanal komunikasi yang digunakan dalam system organisasi data. Elemen proses dari system informasi antara lain mengumpulkan data (data gathering), mengelola data yang tersimpan, menyebarkan informasi.

Teori Percetakan dan Penerbitan

            Teori Penerbitan yaitu Kegiatan yang memerlukan proses panjang yang melibatkan banyak waktu dan orang. Sebagai proses ilmu tidak berdiri sendiri karena memerlukan banyak
keahlian yang terlibat dalam proses penerbitan.

Ada dua macam teori penerbitan yaitu :
AUTHORITARIAN Theory :  Berpijak dalam falsafah: membela kekuasaan absolut. Kebenaran dipercayakan hanya pada segelintir orang bijaksana yang mampu memimpin. Posisi Negara jauh lebih tinggi dibanding individu
LIBERTARIAN Theory : Berpijak pada filsafah : manusia adalah mahluk rasional yang bisa membedakan baik dan buruk. Pers adalah alat, mitra untuk mencari kebenaran bukan sebagai alat pemerintah Negara. Sebaliknya dalam teori ini pers di dorong untuk mengawasi pemerintah

            - Teori Percetakan yaitu sebuah proses industry untuk memproduksi secara masal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta diataskertas menggunakan sebuahmesin cetak,, yang merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi. Teknik cetak pertama kali yang di kenal mulai dari kota Mainz, Jerman pada tahun 1440 yang merupakan sentra kerajinak uanglogam saat itu. Pertama kali metode cetak di perkenalkan oleh Johannes Guttenberg dengan inspirasi uang logam menimbulkan ide untuk membuat permukaan dengan tinggi yang bervariasi. Hal ini dikenal dengan nama CETAK TINGGI. Pada jaman ini terdapat macam-macam jenis cetak yaitu Cetak tinggi, Cetak datar, Cetak dalam, Cetak saring.
             
PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
            PT. TIGA SERANGKAI memiliki mesin cetak yang canggih yaitu “Rox Rotary Barang cetakannya juga tak melulu buku sekolah dan lembar kegiatan siswa, tapi mulai merambah ke tema lain, seperti novel, filsafat, dan budaya. Dengan strategi penjualan langsung ke sekolah, buku terbitan Tiga Serangkai mampu menjangkau 77.000 sekolah, 3.000 toko buku, dengan dukungan 44 kantor cabang pemasaran serta 300 sales representative.

           
Manajemen kekeluargaan yang diterapkan membuat Aminah menjadi figur yang disukai karyawan. Kebiasaan pengajian di pagi hari, misalnya, menurut Hary Sumarsono, membuat karyawan betah. "Ikatan emosional karyawan dengan perusahaan dibangun dari nilai-nilai spiritual," kata Corporate Secretary PT Tiga Serangkai itu. Itu sebabnya, angka keluar-masuk karyawan di Tiga Serangkai relatif kecil. Dalam empat tahun terakhir ini, Tiga Serangkai Group menaungi 2.000-an orang untuk seluruh perusahaan.
            Perkembangan PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri meningkat pesat. Pada tahun 2002 bagian managemen mengambil keputusan penting, yakni membagi perusahaan menjadi empat bagian. Empat bagian penting itu adalah :
·         Bagian Penerbitan dan Percetakan
Untuk bagian penerbitan dan percetakan, membawahi tiga bisnis unit yaitu PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, PT. Pantja Simpati, dan PT. Wangsa Jatra Lestari.
·         Bagian Distribusi
Untuk bagian Distribusi, membawahi dua unit yaitu PT. Tiga Serangkai Internasional dan PT. K33 Distribution.
·         Bagian Retail
Untuk bagian retain, dibantu oleh PT. Assalam Niaga Utama, Asslam Grosir, dan PT. K33 Distribution
·         Bagian Holding Company
Dibantu oleh PT. Tiga Serangkai Inti Corpora

            Keberhasilan PT. Serangkai Pustaka Mandiri dalam mengelola perusahaan menghasilkan hasil yang manis bagi perusahaan. Pada tahun 2007, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri berhasil memperoleh sertifikat ISO 9001 : 2000 untuk hal managemen mutu. Ini bisa menjadi bukti bahwa Ibu Hj. Siti Aminah beserta tim berhasil membawa PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri berhasil perusahaan besar dan mendapat kepercayaan dunia Internasional.
            PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri menjad tonggak utama dalam Tiga Serangkai Group yang awalnya berorientasi pada buku-buku sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga jenjang Sekolah Menengah Umum.
            Saati ini buku pelajaran hasil produksi PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri menjadi salah satu acuan para pelajar di Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Buku-buku pelajaran yang disusun dan dipasarkan, dilakukan dengan melakukan pendekatan langsung di sekolah-sekolah. Tak heran pada saat ini PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri berhasil menjangkau ribuan sekolah dan toko buku di berbagai daerah di Indonesia.

Struktur Organisasi 2011
 


Komentar

Postingan Populer