Digital Printing

Digital Printing

            Teknologi cetak digital (digital printing) adalah teknologi cetak tanpa melalui form cetak, seperti pelat cetak atau silinder cetak. Semua proses pencetakan dilakukan dan dikontrol secara digital. Sebutan lain digital printing adalah Computer to Press (CtP) merupakan teknologi cetak yang dikembangkan tanpa menggunakan pelat atau disebut non impact printing technologies. Cetak digital biasanya digunakan untuk mencetak minimum order sampe menengah atau medium order.
      Ditinjau dari fungsinya, digital printing dapat memenuhi 4 kelompok kebutuhan :
1.      Kebutuhan “print on demand” mencetak sesuai yang diinginkan termasuk jumlah yang tepat.
2.      Kebutuhan colour proofing (Digital colour proofing).
3.      Kebutuhan poster dalam ruang (Indoor).
4.      Kebutuhan poster di luar ruang (Outdoor).




Keuntungan dan Kerugian Digital Printing

            Keuntungan :
1.      Proses produksi lebih cepat, semua data digital dari komputer langsung dapat dicetak, mesin siap digunakan untuk mencetak dalam beberapa menit setelah menerima data. Permukaan cetak langsung kering dan siap untuk proses finishing.
2.      Tidak membutuhkan film separasi atau pelat cetak, sehingga memotong biaya consumable pelat atau film separasi dan mengurangi limbah dari bahan kimia.
3.      Jumlah yang tepat.
4.      Waktu persiapan lebih singkat (make ready time), mulai mencetak menjadi proof warna membutuhkan 1 sampai 5 lembar. Inschiet adalah oplah yang dilebihkan untuk mengatasi kesalahan dalam proses cetak.
5.      Biaya produksi lebih murah untuk oplah yang lebih sedikit. Waktu persiapan dan waktu cetak yang lebih cepat dibandingkan dengan metode atau teknik cetak yang lain.
6.      Personalization : karena cetakan dikontrol sebagai data base digital, sehingga gambar/model dapat dirubah sesuai dengan selera perseorangan.


            Kerugian :
1.      Biaya perunit/eksemplar mahal bila mencetak dalam jumlah banyak. Proses tersebut membutuhkan operator dengan keterampilan khusus.

2.      Kecepatan mesin tidak dapat diubah melainkan harus stabil.

Komentar

Postingan Populer